Senandung Kompak Dari Jalan Bogor







Mungkin karena risih, ngga paham atau apalah saya digiring dengan halus oleh sesepuh besi bekas Cikaso ke jalan Bogor.
“Ibu ke jalan Bogor aja, disana pusatnya. Bukan disini. Ibu kesana aja”. Semacam itulah bentuk pengusiran halus yang saya terima. Hampir sama dengan penolakan reparasi tas di jalan Sunda yang berkata: “Kita mah ngga tau internet-internetan. Kita mah jualan-jualan aja. Ibu ke yang lain aja. Kita lain kali aja”.

Wah jika sudah begitu, mending mengalah deh dan mencari data ditempat lain. Karena bak dua sisi yang berlawanan, satu sisi keukeuh mau mencari data, sisi lainnya keukeuh ngga mau memberi data. Nah kalo sudah begitu bukankah akan terjadi tawuran atau perang saudara? #waduhlebay  ^_^

Dan jadilah saya disini, di jalan Bogor. Mengikuti jejak sukses para perintis/sesepuhnya di jalan Cikaso, para pedagang disini lebih cair, demokratis dan mengutamakan kebersamaan untuk kesejahteraan bersama. Untuk itu mereka membentuk asosiasi pedagang besi bekas jalan Bogor yang diketuai pak Dede dengan bendahara ibu Haji Mae.

Ibu bendahara yang baik hati ini menerangkan ada kurang lebih 100 orang yang tergabung dalam asosiasi, bisa terlihat dari kios-kios yang tertib sebangun, serupa, sewarna dan bertuliskan nomor kios dari nomor satu hingga seratusan. Selain onggokan besi bekas, peralatan bekaspun dijual disini misalnya mesin pompa air listrik. Mesin rusak tersebut diperbaiki direparasi kemudian dijual kembali, sehingga unit usaha jalan Bogor bisa dikategorikan pengepul sekaligus reparasi. 
Berapa harga mesin pompa bekas yang sudah diperbaiki? Bervariasi antara Rp 250.000 sejuta rupiah. Jadi onggokan besi bekas yang awalnya pompa air listrik, dibeli sebagai besi rongsok dan dijual kembali dalam bentuk barang siap pakai. Menarik bukan?

membuat produk baru dari besi bekas



Bagaimana mereka mendapat besi bekas? Biasanya ada pengepul yang menjual besi bekas kesini. Mereka memilah sampah anorganik, mengumpulkan besi bekas, baik berupa gundukan kacau yang memerlukan proses peleburan  atau besi batangan yang bisa langsung dibentuk menjadi teralis, besi beton dan lain-lain sesuai  kebutuhan konsumen. 

Pemiliki kios jalan Bogor sangat menyenangkan, selain tidak pelit memberi data operasional sehari-hari, mereka juga tidak pelit memberi data nama , nomor kontak dan harga. Jadi, apakah anda memerlukan teralis dari besi bekas sehingga harganya miring, atau peralatan besi lainnya? Silakan datang ke jalan Bogor depan jalan Bogor nomor 10. Mereka buka dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00, jangan terlalu sore, karena sayapun kesorean sehingga kios-kiosnya hampir seluruhnya tutup deh.  ^-^




Komentar