Perlu Televisi? Ke Asep Service Ajaaa…






Seperti yang sudah saya ceritakan disini, sulit sekali menemukan titik lokasi bank sampah. Karena itu senang sekali mendapat alamat bank sampah dari teman surveyor, terlebih letaknya termasuk familier: di jalan Bojong Kaler. Eh ternyata eh ternyata yaaa, tetep aja sulittttt………, pak RW bilang ngga tau, apalagi warga tentunya. Mereka semua bilang ngga tau, sedih dwehhh  :(

Beruntung ketika mencari alamat pak RW tadi, saya menemukan titik lokasi reparasi milik pak Asep yang DWEEENNNGGGG … bunyinya, karena dia sedang memperbaiki player musik milik langganannya.

Tempat reparasinya hanya mungil kurang lebih berukuran 2 x 1m , tapi lengkap karena pak Asep menerima semua kerusakan peralatan rumah tangga seperti dispenser air minum, kipas angin, televise, AC, kecuali lemari es dan jet pump (pompa air listrik). Lho kenapa? “Saya ingin fokus bu, karena saya juga ahli listrik yang sering diminta bantuan pemasangan listrik , tapi bukan petugas instalasi listrik seperti petugas PLN lho”. 

Saya manggut-manggut setengah paham, untuk saya urusan listrik urusan yang rumit ^^ . Tapi ada kisah yang menarik. Pak Asep ternyata menerima rongsokan (barang bekas/sampah anorganik) listrik dari tukang sampah/tukang rongsok. Contohnya televisi yang dijual rongsokan karena pemiliknya sudah tidak menghendaki. Televisi rongsok tersebut diterima jika masih memungkinkan untuk diperbaiki, untuk kemudian dijual sebagi televisi second hand. Televisi 14’ harganya Rp 250.000 -  Rp 300.000, Sedangkan televise 21’ sekitar Rp 500.000. Segmen pembelinya kelompok bawah yang ingin menikmati siaran televsi dengan anggaran terbatas. 



Hebat  bukan? Televisi bekas yang mungkin hanya dihargai Rp 50.000 ternyata tidak dihancurkan dan berdampak merusak bumi dengan kandungan logam beratnya, tapi direparasi untuk  digunakan ulang.

Salah satu peralatan rumah tangga yang menarik perhatian saya adalah dispenser air minum. Alih-alih dibuang sebagai sampah anorganik, dispenser tersebut bisa diperbaiki disini. Biasanya kerusakan terjadi pada pemanas air sehingga spare part itulah yang diganti. Harganya sekitar Rp 60.000, hampir seharga dispenser murah, tapi jika kita mau menghargai barang agar tidak nyampah, mereparasi barang rusak merupakan solusi jitu.

Ingin mengunjungi Asep Service? Silakan datang ke jalan Bojong Kaler nomor 51, buka dari jam 7.00 pagi hingga pukul 21.00, karena tempat service merangkap tempat tinggalnya.



Komentar

Posting Komentar