BBB, Bukan Bintang Biasa … eh Barang Bekas Berkualitas






BBB besutan Melly Gowslaw tiba tiba terlintas ketika saya berjalan di sepanjang trotoar Kerapitan dan melihat papan nama toko B&B.  Bedanya BBB disini bukan singkatan Bukan Bintang Biasa yang digawangi Rafi Ahmad, Ayushita, Chelsea Olivia, Laudya Cinthya Bella dan Dimas Beck, melainkan  BBB singkatan dari Barang Bekas Berkualitas. 

Jauh banget ya? Yang satu tentang aktor dan aktris yang unjuk kabisa menyanyi sedangkan satunya lagi tentang nama toko barang bekas yang ‘maunya’ berkualitas. Benang merahnya adalah adanya yang dijual yaitu BBB nya Melly Goeslaw jualan suara sedangkan BBB nya Kerapitan 48 jualan barang bekas. Lha maksa banget ya nyama-nyamainnya??     ^-^

B&B memang menarik untuk diulas. Saya baru ngeh keberadaannya setelah beberapa waktu lalu mencari perlengkapan aquarium. Padahal saya sudah mewawancarai lapak sederhana di pinggir jalan Cihapit dan destinasi ekslusif jualan barang bekas bernama BABE. Bahkan Bandung info lupa memasukkan keberadaan deretan toko penjual barang bekas di jalan Kerapitan ini.

Berbeda dengan BABE, pegawai toko B&B ramah dan informatif, mereka tidak mempingpong saya untuk mendapatkan data. Berikut penjelasannya tentang syarat dan ketentuan penitipan barang bekas disini: 


  • Barang yang hendak dititipkan akan ditaksir oleh team penilai dan hanya diperbolehkan memberi harga setinggi-tingginya 50 % dari harga barang baru.
  • Khusus baju, setiap kantong hanya diizinkan berisi 20 pcs. *Mungkin untuk meminimalisir penyelundupan baju cimol disini ya?*
  • Penitip diwajibkan membayar Rp 7.000 untuk masa penitipan 5 hari, 15 hari, 30 hari dan dapat diperpanjang maksimal 2 kali. *Iyalah, tempatnya padat banget, jika tidak diatur pastinya toko hanya menampilkan barang yang itu-itu aja serta tidak bisa menerima barang baru. Sementara pengunjung pastinya berharap melihat barang bagus dan berganti – ganti tampilannya. Hingga akhirnya dia akan datang lagi dan lagi.
  • Komisi penjualan sebesar 18 % untuk setiap barang yang berhasil dijual B&B.
Ya win-win solution bagi mereka yang ingin menjual barang bekasnya tanpa riweuh. Asalkan berkualitas. Berkualitas ini digaris bawahi B&B karena menurutnya barang bermutu rendah hanya akan berakhir di tong sampah sedangkan barang berkualitas tinggi akan semakin dicari orang. 

“Mending beli barang  berkualitas seharga Rp 1 juta deh daripada 10 barang murah seharga Rp 100 ribu yang dibeli hanya untuk gonta ganti,” jelas Dewi, petugas B&B, “ karena bisa dijual lagi disinii dengan harga lumayan”.


Iya juga ya?  Bisa dijual lagi dengan harga bagus adalah satu hal tetapi yang terpenting adalah pembelian barang berkualitas mengurangi  SAMPAH, karena bisa digunakan untukk waktu lama. Juga peluang barang berkualitas menjadi sampah lebih kecil dibanding 10 barang KW. 

Bagaimana jika daya beli kita hanya mampu membeli barang KW? Jawabannya ada disini

Hunting barang bekas ternyata tidak melulu masalah harga, calon pembeli bisa mencari  barang yang dibutuhkan yang sudah tidak tersedia di toko barang baru karena limited edition.  Atau sekedar jajan mata ^-^ …   Ngga percaya? Silakan datang sendiri ke B&B  dijalan Kerapitan nomor 48 Kota Bandung. Mereka buka dari jam 09.00 hingga pukul 21.00 malam. Ada banyak barang yang dipajang dalam satu toko, dijamin seruuu …  ^^

B & B, jl Kerapitan 48 Kota Bandung


Komentar

  1. Ada jual sepatu untuk naik gunung?

    BalasHapus
  2. wah itu sih harus tanya langsung, sayang saya udah ngga nyimpan nomor kontaknya. Silakan lihat di web http://bebassampah.id/

    BalasHapus

Posting Komentar