Lorong Misteri Old & New






Judul tulisan ini muncul begitu saja ketika saya memasuki lorong Old & New, suatu unit usaha penerimaan titipan barang bekas untuk dijual kembali. Old & New terletak dijalan LLRE Martadinata 85 Bandung, tidak jauh dengan toko Babe . Bedanya Babe terkesan cozy sedangkan Old & New menampakkan aroma mistis gimana gitu, apalagi jika ada asap dupa melayang-layang di sekitar bangunan, wah pasti bakal lengkap deh. ^_^  

Sutradara film misteri tidak akan kesulitan disini. Semua lengkap. Bak memasuki alur masa  penuh kegelapan. Di teras depan aneka lampu kuno menyambut para tamu, banyak macam dan warnanya. Entah dari masa silam yang mana karena semua bentuk nampak aneh untuk mata awam seperti saya. Sesudah itu berbagai lukisan kuno, peralatan dapur kuno, kaleng kerupuk lusuh, meja, kursi, tempat tidur, guci, hiasan meja, semuanya seolah dari abad kegelapan yang hadir kembali. Bahkan deretan baju bekaspun seolah semakin lusuh karena terletak diantara peralatan lusuh, muram dan berwarna kelam.


Di depan tumpukan koper kuno, saya mengernyit bingung, teringat koper kuno milik keluarga yang terpaksa dibuang ketempat sampah karena pasti nggak ada yang mau menggunakannya lagi.

“Koper -koper ini laku?”
“Laku bu, kan vintage,” jawab salah seorang petugas Old & New.

Oh pantaslah, atas nama vintage, apapun jenis barangnya sah-sah saja digunakan ulang. Vintage memang diasosiasikan dengan sesuatu yang semakin bermakna karena model atau usianya yang lama. Sehingga, semakin tua usia benda tersebut akan semakin baik dan tinggi nilai estetikanya.

Apakah ini?

Kabar baik nih untuk mereka yang memiliki barang jadul, ingin menyingkirkan  dan tidak tahu harus kemana.  Old & New siap menampung/titip jual  dengan syarat sebagai berikut:

Untuk masa penitipan 2 bulan,

  • Biaya administrasi Rp 3.000 untuk barang seharga Rp 100 – Rp 25.000

  • Biaya administrasi Rp 10.000 untuk barang seharga Rp 25.100 – Rp 500.000

  • Biaya administrasi Rp 25.000 untuk barang seharga Rp 500.100 – Rp 2.000.000

  • Biaya administrasi Rp 50.,000 untuk barang seharga Rp 2.000.100 – Rp 3.000.000

  • Biaya administrasi Rp 100.000 untuk barang seharga Rp 3.000.100 – keatas


Tidak hanya biaya administrasi, setiap barang yang laku terjual akan dikenai komisi penjualan sebesar 20 % dan hanya boleh diperpanjang maksimal 2 kali. Adil ya? Selain untuk memberi kesempatan barang lain juga karena Old & New harus merotasi barang yang dijualnya agar pembeli datang dan datang lagi.

Old & New memang ramai oleh pengunjung, rata-rata memang berburu barang vintage yang terkadang tidak masuk akal. Misalnya kaca rias antik yang telah pecah cerminnya, si pembeli pasti harus memperbaiki agar kembali cantik. Guci dan patung yang telah pecah ujungnya. Hiasan Semar terbuat dari kulit kambing yang telah robek dan masih banyak lagi. Tak berlebihan saya memberi judul tulisan ini, “lorong misteri Old & New” selain karena antik dan jadulnya barang yang dijual, eh ternyata barang rompalpun dijual disini. Sungguh proses reuse yang patut diacungi jempol.

Tertarik datang ke  “Old & New” ?  Unit usaha yang telah berusia 11 tahun ini terletak di jalan LLRE Martadinata 85 ini menjual barang bekas yang sangat bervariatif , misalnya 


  • Pakaian termurah Rp 25.000 – termahal Rp 350.000

  • Peralatan elektronik Rp 350.000 – Rp 1 Juta, rata-rata mengusung konsep kejadulan juga.

  • Perlengkapan kayu Rp 600.000 hingga Rp 6 .000.000

Buka  dari  jam 09.30 hingga pukul 21.30 di hari kerja , hari Minggu tetap buka mulai jam 09.30m hingga jam 21.30. Diapit oleh factory outlet, tempat makan dan hotel ternama. Old & New merupakan salah satu destinasi yang layak dikunjungi oleh mereka yang menyenangi sensasi berbeda dan tentu saja barang jadul eh vintage …… ^-^





Komentar