Esepul Service, Yang Muda Yang Berkarya






“Tuh nama dan alamatnya,” jelas seorang pemuda ketika saya mengunjungi  Esepul Service. Dia menjawab tanpa mengangkat wajah dari pompa air yang sedang dibongkarnya. Wajahnya serius mengamati bagian demi bagian. Memasang spare part dengan teliti dan asyik dalam dunianya sambil menjawab dengan sopan. 

Berbeda dengan Dairinta Service dan Babeh Service, Esepul Service nampak special karena mampu memperbaiki  jet pump yang rusak. Special karena dari  beberapa tulisan di lapak menunjukkan bahwa Esepul Service juga menerima reparasi water heater, lemari es, kompor gas dan peralatan rumah tangga lainnya. Berbeda pula dengan Cahyana Service dan Purnama Service yang hanya menekuni perbaikan jet-pump dan menerima jasa pembuatan sumur bor. Tidak hanya itu Esepul Servicepun melayani pembuatan sumur bor. Hebat pisan bukan? Sagala bisa ^^

Bisa dimaklumi jika keadaan memaksa mereka agar sagala bisa (semua bisa). Kehidupan di Kota Bandung sungguh tak ramah, dan salah satu lapangan pekerjaan yang minim modal adalah menjadi ahli reparasi. Berbekal ketekunan mempelajari kerusakan beragam peralatan elektronik dan mencoba memperbaikinya, jadilah mereka pembantu tukang selama bertahun-tahun, sebelum naik pangkat menjadi tukang yang handal. 

Tahapan proses produksi barang dan jasa menunjukkan berikut:

Mereka jelas berada diantara sektor industry, teknologi komunikasi sekaligus industry kreatif. Karena yang dikerjakannya adalah hasil produksi sector industry, mereka membutuhkan teknologi informasi untuk melayani panggilan pelanggan dan dibutuhkan kreativitas agar unit usaha mereka bisa bertahan ditengah persaingan yang ketat.

Tidak heran bermunculan reparasi payung, reparasi  tas, reparasi sepatu hingga reparasi lampu. Semua barang yang  di Negara maju pasti jadi sampah jika rusak, karena pemerintah menerapkan biaya tinggi untuk sampah-sampah tertentu. Sedangkan kita dengan cerdik dan kreatif memperbaiki produk rusak tersebut hingga usia pemakaian bisa diperpanjang.

Untuk mengetahui bagaimana anak-anak muda yang berkumpul di Esepul Service sedang bekerja, silakan datang dilapaknya di jalan Cibeunying Kolot 6 A, Kelurahan Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Mereka akan menjawab semua pertanyaan dengan sopan, tapi jangan heran jika mereka menjawab sambil terus bekerja, seolah peralatan rusak yang mereka perbaiki adalah sebuah harta karun yang baru ditemukan ^-^


  

Komentar