Ceu Eutik, Berkreasi Sambil Ngemong Cucu



 
kerajinan limbah kopi

Salah seorang nenek yang rajin menganyam limbah sachet kopi adalah ibu Atikah atau lebih sering dipanggil ceu Eutik. Ceu Eutik tinggal bersama suami, anak dan cucunya di kawasan Sekemirung, tempat dulu ada pohon Mirung besar menaungi mata air (seke). Sayangnya sekarang pohon Mirung tersebut sudah ditebang. Keberadaannya haru stersingkir karena manusia lebih memerlukan lahan.

Ceu Eutik


Ceu Eutik perempuan sederhana nan cerdas. Dia berhasil membuat kerajinan limbah kopi dengan hanya dengan memperhatikan cara membuatnya. Tidak pernah ada yang mengajari langsung, jadi benar-benar otodidak karena ingin mahir membuat kerajinan limbah kopi.

“Semua orang pasti bisa ini mah, asal tekun ajah”, jelasnya. Pendapat ceu Eutik tentu saja benar banget,  siapapun yang mau belajar dan belajar, pasti berhasil.
Kemudian sambil ngemong cucunya yang cantik, Marisa, ceu Eutik pun menerangkan cara membuat kerajinan limbah kopi.

1.    Limbah kopi direndam dengan air sabun, kemudian dicuci bersih.
2.    Direndam dengan pewangi
3.    Dijemur dengan cara membalikkan agar limbah sachet mudah kering.
4.    Setelah kering, limbah sachet bisa segera dianyam


bahan baku kerajinan
 


bahan baku kerajinan


Penjelasan cara membuat kerajinan limbah kopi dapat dilihat disini.



Kisah penjualan kerajinan limbah kopi sendiri tidak seindah yang ditayangkan dan diberitakan. Alasannya bisa diklik ditulisan saya sebelumnya : Ibu Yati danKerajinan Limbah Kopi.

Berbeda dengan ibu Yati, walaupun sederhana, ceu Eutik memiliki ruangan yang agak luas untuk menyimpan bahan baku dan hasil kerajinannya. Walau penjualan hasil kerajinan limbah kopi tidak jauh berbeda dengan ibu Yati.  Rata rata hanya dibeli karena ingin tahu, belum pada tahap bangga ketika menggunakannya.

Jika ingin bertemu Ceu Eutik silakan mengunjungi yang bersangkutan di Sekemirung 45 C, Kelurahan Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung, telepon:  089626452054, karena ………, ya ampun saya dan ceu Eutik asyik ngobrol soal kemasan , eh rupanya cucu Ceu Eutik,  Marisa asyik cuci piring. Anak manisssss…..   ^_^

Marisa asyik cuci piring


Marisa protes




Komentar

  1. Semoga hasil karya Bu Yati dan Ceu Eutik banyak yang membeli dan menggunakan. Aamiin...

    BalasHapus
  2. aamin YRA, terimakasih untuk supportnya

    BalasHapus
  3. Apa masih ada pengrajin seperti ceu Eutik di Bandung? Dimana saya bisa Bertemu dengan pengrajin limbah plastik seperti ceu Eutik ini?
    Mohon dibantu
    Hatur nuhun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada. Nomor kontak dan alamatnya di kawasan sekemirung Kelurahan Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Bandung ..... sudah saya cantumkan lengkap.

      Oh iya, itu nomor kontak anak menantunya yang pasti akan memberitahu ibu mertuanya. Ceu Eutik sendiri sangat lugu sehingga enggan menggunakan ponsel.

      Terimaksih atensinya ya

      Hapus
  4. Apa masih banyak pengrajin seperti ceu Eutik? Bisa minta kontaknya?
    Hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih banyak, silakan hubungi ibu Yati (0896264520540), ini linknya : http://permatadibaliklimbah.blogspot.com/2015/06/ibu-yati-dan-kerajinan-limbah-kopi.html

      Hapus
  5. Apa masih banyak pengrajin seperti ceu Eutik? Bisa minta kontaknya?
    Hatur nuhun

    BalasHapus

Posting Komentar