Bahan Pengganti Styrofoam : Ada Kok !!



Sebuah produk baru yang terbuat dari limbah pertanian dan akar jamur diperkenalkan  dalam bentuk kemasan  untuk pengiriman ke seluruh negeri. Produk baru tersebut  disebut Mycobond ™ yaitu material komposit  yang hanya memerlukan1/8 energi untuk produksi dan menghasilkan 1/10 karbon dioksida bahan kemasan busa tradisional.
Protected by Copyscape Plagiarism Software

Ecovative design (http://www.ecovativedesign.com/ecocradle/why/)

Saat ini  lulusan   program pasca sarjana Rensselaer Polytechnic Institute, Gavin McIntyre dan Eben Bayer sedang mengembangkan sebuah produk baru  dengan metode energi intensif rendah untuk mensterilkan limbah pertanian dan membunuh spora yang dianggap bisa bersaing dengan jamur.
Dibandingkan dengan uap panas, metode sterilisasi baru  melibatkan   minyak kulit kayu manis, minyak thyme, minyak oregano dan minyak sereh. McIntyre mengatakan proses desinfeksi hanya mengemulasi sifat biologis karena menggunakan senyawa tanaman yang telah berkembang selama berabad-abad dengan tujuan untuk menghambat pertumbuhan mikroba.
Bagaimana cara produk hijau berkembang ? Mycelia (bagian vegetatif dari jamur)  berkembang dan mencerna bahan starter pertanian, seperti benih kapas atau serat kayu dalam lingkungan yang gelap pada suhu kamar. Bahan dibentuk disesuaikan dengan keinginan pemakai berupa struktur cetakan plastik
Setelah terbentuk sempurna, masing-masing bagian menjalani proses sterilisasi. Dengan perlakuan  kulit kayu manis-baru, Bayer dan McIntyre berharap seluruh proses bisa dikemas sebagai kit (fasilitas pengiriman yang diperbolehkan). Bahkan para pemilik rumah dapat mengembangkan sendiri bahan kemasan hijau.
McIntyre dan Bayer mendirikan   Ecovative Design Green Island, NY, untuk membawa ide mereka ke dalam produksi. Ecovative telah menerima dana dari National Science Foundation (NSF), USDA Agricultural Research Service, Environmental Protection Agency dan New York State Energy Research and Development Authority.

source : Ruddabby, Cechgentong (Mycobond, kemasan hijau dari bahan jamur)

Komentar