Hasil Akhir Proses Kreatif



Hasil akhir adalah hasil akhir proses kreatifitas yang begitu panjang, membutuhkan waktu, tenaga, materi, kesabaran dan hati tulus.







Karena tanpa itu semua, hasil akhir menjadi tidak berguna.
Sebagai contoh pembuatan tas rajutan, terbuat dari kantung plastik bekas (kresek) yang harus dibersihkan, digunting sedemikian rupa hingga menyerupai benang tak terputus,kemudian dipilih dan dirancang motifnya.

Selesaikah ? Belum, karena si pengrajin membayangkan pengguna hasil kerajinannya sehingga dia mencari accessories yang memungkinkan hasil akhir menjadi produk yang memukau.
Ada lagi tas berbahan baku bekas kemasan pasta gigi, perlu waktu lama untuk membersihkan , menyimpan dan mengumpulkan untuk kemudian digunting dan dijalin hingga berbentuk tas aneka ukuran dan aneka fungsi.
Yang paling menyita energy tentunya tas bekas kemasan minyak goreng. Selain bahan kemasannya berminyak (dan berbau apabila tidak cermat memprosesnya), bahan baku kemasan minyak goreng ini getas dan tajam sehingga ibu-ibu pengrajin sering terluka tangannya.
Tidak cukup dijalin, mereka mengkreasinya dengan slang berisi sumbu kompor yang diberi  warna kuning .........jadilah tas tangan yang sungguh tak terduga bahan bakunya.
Apakah itu semua cukup ? Ternyata tidak, ibu-ibu pengrajin mencoba mengadopsi keinginan banyak ibu-ibu pengguna sehingga mereka menciptakan tempat tissue, topi, tempat pinsil, bahkan sendal dan sajadah.
Untuk itu semua layakkah kita mengacungkan jempol untuk semua jerih payah mereka ?
Ya, pastinya ! Mereka ibu-ibu hebat yang mau berjuang untuk menggunakan kembali limbah, hingga perilaku "sekali pakai" dapat dikurangi.
Tetapi mereka juga mengingatkan kita semua untuk menghindari budaya konsumtif karena "ongkos" yang timbul ternyata sangat besar.
Tidak hanya ongkos yang timbul karena panjangnya proses daur ulang tapi juga ongkos yang dibebankan kepada anak cucu karena ketika semua produk diatas rusak dan menjadi sampah, ..........entah berapa ratus tahun lagi bumi sanggup mengurainya.
Yang pasti racun dioksin akan mengkontaminasi bumi.
Jadi, yuk kita kurangi pemakaian plastik.

Komentar